Jumat, 17 Januari 2014

MANFAAT SABUN ZAITUN

Minyak Zaitun diambil dari buah zaitun, mereka ada dari pohon zaitun yang berumur panjang, serta hijau abadi. Buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan Sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Zaitun dikelompokkan ke dalam suku Oleaceae.
Selain untuk dimakan buah zaitun juga digunakan Sebagai penyedap makanan. Apabila diperas buahnya, kita dapat memperoleh minyaknya. Minyak ini dapat digunakan Sebagai bumbu salad dan belakangan banyak digunakan untuk bahan kosmetik yang dapat menjaga kelembapan dan kekencangan kulit sehingga diyakini dapat menjadikan kulit awet muda.

Minyak Zaitun dapat ditemukan di pasaran dalam 3 jenis yakni minyak Zaitun extra virgin, minyak Zaitun murni, dan minyak Zaitun sulingan. Mari kita simak ulasannya masing-masing.

Minyak Zaitun Extra Virgin
Minyak Zaitun extra virgin merupakan jenis minyak Zaitun yang paling murni karena merupakan hasil ekstraksi pertama dari buah Zaitun. Warna minyak ini biasanya kehijauan dan memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam.
Minyak ini tidak bagus untuk menumis atau menggoreng karena kadar minyaknya yang rendah. Minyak Zaitun ekstra virgin lebih baik dikonsumsi dengan cara diminum atau digunakan sebagai campuran makanan seperti salad atau sayuran yang direbus.

Minyak Zaitun Murni
Minyak Zaitun murni berwarna hijau kekuningan dan merupakan hasil dari proses lanjutan minyak Zaitun ekstra virgin. Minyak Zaitun jenis ini bisa digunakan sebagai campuran masakan dan untuk menumis.

Minyak Zaitun Sulingan
Minyak Zaitun sulingan merupakan jenis minyak Zaitun yang mengalami proses penyulingan lanjutan. Warnanya kekuningan dan cocok digunakan untuk menumis.
Minyak Zaitun jenis ini dapat ditemukan di pasaran dengan harga yang lebih murah dibandingkan kedua jenis minyak Zaitun di atas. Minyak Zaitun memang menyehatkan tetapi jika digunakan dengan tidak tepat, maka dapat merusak kandungan di dalamnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Ad