Kamis, 16 Januari 2014

SABUN LULUR

Lulur adalah istilah bahasa Indonesia yang mengacu pada scrub.  Biasanya  terbuat dari beras yang dicampur bahan alami dan rempah-rempah lainnya, seperti bengkuang, melati, teh hijau, atau kopi.  Pada dasarnya, scrub dibedakan menjadi dua jenis, yaitu granule atau butiran dan tanpa granule atau tanpa butiran. Lulur termasuk ke dalam kategori scrub berjenis granule.

Lulur adalah salah satu rahasia dari perawatan Kecantikan Keluarga Keraton Jawa. Kegiatan "Luluran" sudah dilakukan  turun temurun oleh putri-putri keraton. Lulur tradisional sudah dipakai sejak berabad-abad yang lalu. Lulur diyakini menjadi metode terbaik untuk menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit. Ritual lulur ini dilakukan para putri keraton setiap hari selama 40 hari berturut-turut sebelum hari pernikahannya.

Seiring dengan perkembangan jaman, aplikasi lulur tidak hanya ditemukan pada bubuk lulur tetapi sudah merambah pada bahan-bahan kecantikan seperti masker, ataupun sabun.

Fungsi utama lulur adalah mengangkat sel kulit mati, mengangkat kotoran yang menyumbat pori kulit, sekaligus  membukanya, agar kulit bisa bernapas dan menyerap nutrisi dari produk kecantikan, seperti lotion, pelembap, body butter, atau lainnya. Selain itu, efek jangka panjangnya adalah membuat kulit senantiasa halus.

Dipasaran, sudah banyak ditemukan berbagai varian lulur baik dalam bentuk bubuk maupun bentuk produk kecantikan lain seperti lulur dengan campuran buah-buahan, rempah, dan bahan alami lainnya.

Dejavu Soap saat ini baru menyediakan lulur dalam bentuk bubuk dan sabun. Khusus untuk Sabun Mandi padat berbahan lulur, hanya tersedia Lulur Melati dengan aroma melati dan lulur lemon dengan aroma lemon.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Ad