Kamis, 16 Januari 2014

SABUN PEPAYA

Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya". Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dalam bahasa Sunda "gedang".

Buah Pepaya dapat dimanfaatkan langsung setelah matang, ataupun digunakan untuk campuran produk kecantikan. Sudah banyak produk-produk kecantikan yang memanfaatkan buah pepaya ini, karena memang kandungan buah pepaya sangat baik untuk perawatan kulit. Salah satunya adalah didalam pepaya mengandung satu enzim yang disebut AHA ( Alpha Hidroxy Acid ), enzim ini berperan membantu menjaga kelembaban dan kelembutan kulit.

Selain itu, Zat anti oksidan dalam buah pepaya dapat memberikan perlindungan kepada kulit wajah terhadap radikal bebas dalam tubuh yang sering menimbulkan masalah pada kulit seperti keriput, kulit kering,  masalah lainnya. Didalamnya juga terkandung enzim bernama papain yan berfungsi mengurangi peradangan pada kulit. 
Biasanya buah yang digunakan untuk perawatan kulit adalah buah yang setengah matang atau masih mengkal.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Ad