Senin, 23 September 2013

MANFAAT LENGKUAS

Lengkuas mempunyai nama latin Alpinia Galanga L. Eillid sedangkan nama lokalnya adalah Laos, Lengkuas, Lawa, Langkueh,laja dan lawas. Tanaman ini banyak tumbuh liar di hutan berbatang basah, tingginya dapat mencapai 2.5cm. Tanaman ini memiliki dua macam daun, daun sempit dan daun lebar. Bentuk daun bulat panjangn  dengan pelepah menyelubungi seluruh berwarna ungu. Rimpangnya berserat kasar, berbau khas dan rasanya pedas.

Kandungan kimia Lengkuas antara lain : minyak atsiri (engenol, sineol, metil sinamat, kalium, leasorin, galangin, kaemferid, galangcl, dan sesquiterpen), damar, dan kristal kuning.

Pada lengkuas merah terdapat zat-zat yang dapat merangsang semangat, mencegah ejakulasi dini, mematikan jamur, anti kejang, analgetik, anestetik, dan penekan pengendali gerak. Yang penting ketika menggunakan lengkuas harus sesuai takanan dan berkelanjutan, sebab jika berlebihan lengkuas justru bersifat racun.


Masyarakat pada umumnya menggunakan Lengkuas untuk mengatasi penyakit rematik, sakit limpa, penambah nafsu makan, bronkhitis, panu, antibakteri, pembersih darah, pencair dahak dan pembangkit gairah seksual.

Cara Mengobati panu secara Tradisional
  • Ambil rimpang segar satu jari lalu dipotong miring
  • Ujungnya dipukul-pukul sampai gepeng seperti kuas cat. 
  • Kemudian, gosokkan pada kulit yang terserang panu atau jamur sampai hilang.

Cara Mengatasi Kurap secara Tradisional
  • Ambil Rimpang Lengkuas segar empat jari dan bawang putih satu siung diling halus
  • Tambahkan satu sendok makan cuka, kemudian panaskan pada api kecil.
  • Kemudian, oleskan pada bagian tubuh yang terserang kurap setiap hari sampai hilang.
Cara Mengatasi Panu Secara Praktis
Untuk cara yang satu ini hanya satu caranya yaitu dengan membeli Sabun Mandi Kandungan Lengkuas Alami. Pembuatan sabun menggunakan proses dingin, kemudian ditambahkan dengan perasan air parutan rimpang lengkuas. Dibawah ini gambarnya


Jika anda ingin yang praktis segera saja telpon kami di HP: 081329124154 atau melalui PIN BB : 2877e3e5


0 komentar:

Posting Komentar

Ad